Rabu, 25 Agustus 2010

Ternyata ! Cinta Itu (Emang) Buta (Tabloid Gaul-www.vivanews.com)

Love is blind, cinta itu buta. Pepatah ini mungkin ada benarnya, seperti hasil penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University, Amerika Serikat. Rupanya, pada saat jatuh cinta, otak akan keliatan seperti kembang api. Area ventral striatum dan ventral tegmental, yang letaknya ada di pusat otak akan menyalakan neurotransmitter dopamine dan norepinefrin, dan mengubahnya menjadi sebuah tindakan. Proses ini bikin seseorang punya rentang perhatian yang pendek, merasa bahagia dan munculin kerinduan terhadap hasratnya.

Penelitian yang dilakukan antropologi biologi Helen Fisherd dari Rutgers University pada tahun 2005 itu menganalisa otak 17 cowok dan cewek yang sedang jatuh cinta. Hasilnya nunjukin aktivitas yang sama seperti waktu otak kecanduan kokain. Selain itu, mereka yang dites juga cenderung menunjukkan hasrat sama orang yang sebenarnya nggak terlalu mereka sukai. Tapi, di bawah pengaruh kenikmatan monoamina dan dopamine hal itu terabaikan. “Setelah kamu suka sama seseorang, maka itu akan memicu sistem dalam otak untuk jatuh cinta, cinta itu buta, tidak diragukan lagi,” kata Fisherd, yang juga menulis buku Why Him? Why Her?.

Sekali orang jatuh cinta, mereka akan dipengaruhi “sistem penghargaan otak” sampai neurotransmitter oksitosin dan vasopressin, yang berhubungan dengan ikatan perasaan jangka panjang menimbulkan efek menenangkan dan stabil. Tapi, sebelum dopamine bekerja, orang membutuhkan kekuatan lebih banyak untuk memutuskan siapa yang akan menerima cinta mereka. “Cinta itu buta saat seseorang telah menemukan pilihannya, tapi tidak begitu buta saat sedang membuat pilihan,” lanjut Fisherd.

Namun, meurut Fisherd, dalam memilih pasangan hidup, seseorang cukup pragmatis. Secara sadar orang akan memilih pasangan yang datang dengan latar belakang sosial-ekonomi, etnisitas, pendidikan, dan level yang sama. Jadi, ketika kita sedang mencari cinta, kita dapat menolak ketika tidak ada kesamaan. Jadinya, kita nggak bakalan jatuh cinta sama sembarang orang.

0 komentar:

Posting Komentar